PEMUDA PERSATUAN ISLAM HARJAMUKTI

بسم الله الر حمن الر حيم
! انا مسلم قبل كل شيئ
AHLAN WA SAHLAN, IKHWATU IMAN

SEMOGA KITA SEMUA DALAM RAHMAT DAN LINDUNGAN ALLAH AZZA WAJALLA


Kamis, 14 Juni 2012

STATUS HADIS TENTANG KEUTAMAAN BULAN RAJAB bag (1)

STATUS HADIS TENTANG KEUTAMAAN BULAN RAJAB (1)

oleh Amin Saefullah Muchtar pada 12 Juni 2012 pukul 7:26 ·
A.    Doa ketika melihat bulan sabit Rajab
Beberapa orang di antara jamaah pengajian bertanya kepada kami tentang doa ketika melihat bulan sabit Rajab, sehubungan mereka menemukan penjelasan pada salah satu web internet sebagai berikut:
Anas bin Malik berkata bahwa ketika memasuki bulan Rajab Rasulullah saw berdoa, “Ya Allah, berkahi kami di bulan Rajab dan Sya’ban, dan sampaikan kami ke bulan Ramadhan.”
Hadis ini bersumber: Al-Faqih Abu Muhammad Ismail bin Al-Husein Al-Bukhari dari Al-Imam Abu A’la’, tahun 399 H, dari Ismail bin Ishaq, dari Muhammad bin Abu Bakar, dari Zaidah bin Abi Raqad dari Ziyadah An-Numairi dari Anas bin Malik. (Fadhail Syahr Rajab: 494)
Sumber: www.syamsuri149.wordpress.com
Tanggapan: 
Sepanjang pengetahuan kami, hadis tentang doa ketika memasuki bulan Rajab diriwayatkan oleh beberapa mukharrij (pencatat hadits) sebagai berikut:
1. Abdullah bin Ahmad bin Hanbal melalui rawi Ubaidullah bin Umar, dari Zaidah bin Abu Ar-Ruqaad, dari Ziyad An-Numairy, dari Anas bin Malik, dengan redaksi:
كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا دَخَلَ رَجَبٌ قَالَ اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَارِكْ لَنَا فِي رَمَضَانَ وَكَانَ يَقُولُ لَيْلَةُ الْجُمُعَةِ غَرَّاءُ وَيَوْمُهَا أَزْهَرُ
Nabi saw. apabila memasuki bulan Rajab beliau berdoa, “Ya Allah, berkahi kami di bulan Rajab dan Sya’ban, dan berkahi kami bulan Ramadhan.” Dan beliau bersabda, “Malam Jumat adalah (malam) bagus (terang bulan) dan harinya indah (cerah bersinar).” (Al-Musnad, IV:180, No. hadis 2346)

2. Al-Bazzaar melalui rawi Ahmad bin Malik Al-Qusyairiy, dari Zaidah bin Abu Ar-Ruqaad, dari Ziyad An-Numairy, dari Anas bin Malik, dengan redaksi:
أَنّ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم كَانَ إِذَا دَخَلَ رَجَبٌ قَالَ اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ وَ كَانَ إِذَا كَانَ لَيْلَةُ الْجُمُعَةِ قَالَ : هذِهِ لَيْلَةٌ غَرَّاءُ وَ يَوْمٌ أَزْهَرُ
Sesungguhnya Nabi saw. apabila memasuki bulan Rajab beliau berdoa, “Ya Allah, berkahi kami di bulan Rajab dan Sya’ban, dan sampaikan kami ke bulan Ramadhan.” Dan apabila malam Jumat, beliau bersabda, “Ini adalah malam yang bagus (terang bulan) dan hari yang indah (cerah bersinar).” (Musnad Al-Bazzaar, II:290, No. hadis 6494)

3. At-Thabrani melalui dua jalur periwayatan:
Pertama: Ali bin Sa’id Ar-Razi, dari Abdus Salaam bin Umar Al-Junniy, dari Zaidah bin Abu Ar-Ruqaad, dari Ziyad An-Numairy, dari Anas bin Malik, dengan redaksi:
كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه و سلم إِذَا دَخَلَ رَجَبٌ قَالَ اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ
Rasulullah saw. apabila memasuki bulan Rajab beliau berdoa, “Ya Allah, berkahi kami di bulan Rajab dan Sya’ban, dan sampaikan kami ke bulan Ramadhan.” (Al-Mu’jamul Ausath, IV:189, No. hadis 3939)
Kedua: Yusuf Al-Qaadhiy, dari Muhammad bin Abu Bakar Al-Muqaddamiy, dari Zaidah bin Abu Ar-Ruqaad, dari Ziyad An-Numairy, dari Anas bin Malik, dengan redaksi:
أَنّ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم كَانَ إِذَا دَخَلَ رَجَبٌ قَالَ اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ
Sesungguhnya Nabi saw. apabila memasuki bulan Rajab beliau berdoa, “Ya Allah, berkahi kami di bulan Rajab dan Sya’ban, dan sampaikan kami ke bulan Ramadhan.” (Ad-Du’aa, I:284, No. hadis 911)

4. Al-Baihaqi melalui dua jalur periwayatan:
Pertama: Abu Abdullah Al-Hafizh (Imam Al-Hakim), dari Abu Bakar Muhammad bin Al-Mu’ammil, dari Al-Fadhl bin Muhammad Asy-Sya’raaniy, dari Al-Qawaariiriy, dari Zaidah bin Abu Ar-Ruqaad, dari Ziyad An-Numairy, dari Anas bin Malik, dengan redaksi:
كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا دَخَلَ رَجَبٌ قَالَ اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا فِي رَمَضَانَ وَكَانَ يَقُولُ لَيْلَةُ الْجُمُعَةِ لَيْلَةٌ غَرَّاءُ أوْ يَوْمُ الْجُمُعَةِ يَوْمٌ أَزْهَرُ
Nabi saw. apabila memasuki bulan Rajab beliau berdoa, “Ya Allah, berkahi kami di bulan Rajab dan Sya’ban, dan berkahi kami bulan Ramadhan.” Dan beliau bersabda, “Malam Jumat adalah malam yang bagus(terang bulan)  atau hari Jumat adalah hari yang indah (cerah bersinar).” (Syu’aabul Iimaan, III:375, No. hadis 3815)
Kedua: Abu Zakariya bin Abu Ishaq, dari Abu Bakar Muhammad bin Al-Mu’ammil bin Al-Hasan bin Isa, dari Al-Fadhl bin Muhammad, dari Al-Qawaariiriy, dari Zaidah bin Abu Ar-Ruqaad, dari Ziyad An-Numairy, dari Anas bin Malik, dengan redaksi:
كَانَ رَسُوْلُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا دَخَلَ رَجَبٌ قَالَ : اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ. قال وَكَانَ يَقُولُ : لَيْلَةُ الْجُمُعَةِ لَيْلَةٌ غَرَّاءُ وَيَوْمُ الْجُمُعَةِ يَوْمٌ أَزْهَرُ
Rasulullah saw. apabila memasuki bulan Rajab beliau berdoa, “Ya Allah, berkahi kami di bulan Rajab dan Sya’ban, dan berkahi kami bulan Ramadhan.” Kata Anas, “Dan beliau bersabda, ‘Malam Jumat adalah malam yang bagus (terang bulan) atau hari Jumat adalah hari yang indah (cerah bersinar)’.” (Ad-Da’waatul Kabiir, II:142, No. hadis 529)

5. Ibnu Asaakir melalui rawi Al-Hasan bin Muhammad Abu Muhammad Al-Baghawiy Al-Bahsyatiy, dari Umar bin Ahmad bin Muhammad bin Al-Khaliil Al-Baghawiy, dari Abul Faqiih Abu Hamid Ahmad bin Muhammad bin Ibrahim bin Al-Khaliil, dari Abu Bakar Muhammad bin Al-Husain bin Hamzah Al-Marwaziy Al-Uthaar, dari Abu Thaahir Ath-Thayyib bin Muhammad bin Ahmad Al-Harawiy, dari Abu Ishaq Ibrahim bin Muhammad bin Abdullah bin Usman Al-Baghdadiy, dari Abu Ali Al-Hasan bin Muhmiy Al-Bazzaaz, dari Ubaidullah bin Umar, dari Zaidah bin Abu Ar-Ruqaad, dari Ziyad An-Numairy, dari Anas bin Malik, dengan redaksi:
كَانَ رَسُوْلُ اللَّهِ صلى الله عليه و سلم إِذَا دَخَلَ رَجَبٌ قَالَ اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ
Rasulullah saw. apabila memasuki bulan Rajab beliau berdoa, “Ya Allah, berkahi kami di bulan Rajab dan Sya’ban, dan sampaikan kami ke bulan Ramadhan.” (Mu’jam Ibnu Asaakir, I:161, No. hadis 309)

6. Ibnu Sunniy melalui rawi Ibnu Manii’, dari Ubaidullah bin Al-Qawaariiriy, dari Zaidah bin Abu Ar-Ruqaad, dari Ziyad An-Numairy, dari Anas bin Malik, dengan redaksi:
كَانَ رَسُوْلُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا دَخَلَ رَجَبٌ قَالَ اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا فِي رَمَضَانَ وَكَانَ يَقُولُ إن لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ لَيْلَةٌ غَرَّاءُ أوْ يَوْمَها يَوْمٌ أَزْهَرُ
Nabi saw. apabila memasuki bulan Rajab beliau berdoa, “Ya Allah, berkahi kami di bulan Rajab dan Sya’ban, dan berkahi kami bulan Ramadhan.” Dan beliau bersabda, “Malam Jumat adalah malam yang bagus(terang bulan)  atau hari Jumat adalah hari yang indah (cerah bersinar).” (‘Amalul Yaumi wal Lailah, III:265, No. hadis 658)

7. Al-Hasan bin Abu Thaalib Al-Khalaal melalui rawi Abu Bakar Muhammad bin Ismail bin Al-Abbas Al-Waraaq dan Abu Hafsh Umar bin Ahmad (popular dengan sebutan Ibnu Syaahiin). Keduanya menerima dari Abdullah bin Muhammad Al-Baghawi, dari Abdullah bin Umar Al-Qawaariiriy, dari Zaidah bin Abu Ar-Ruqaad, dari Ziyad An-Numairy, dari Anas bin Malik, dengan redaksi:
كَانَ رَسُوْلُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا دَخَلَ رَجَبٌ قَالَ اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا فِي رَمَضَانَ
Nabi saw. apabila memasuki bulan Rajab beliau berdoa, “Ya Allah, berkahi kami di bulan Rajab dan Sya’ban, dan berkahi kami bulan Ramadhan.” (Fadhaa’il Syahri Rajab: 3, No. hadis 1)

Berbagai keterangan di atas menunjukkan bahwa hadis tentang doa ketika memasuki bulan Rajab meski diriwayatkan oleh beberapa mukharrij namun seluruh jalur periwayatannya melalui Zaidah bin Abu Ar-Ruqaad, dari Ziyad An-Numairy, dari Anas bin Malik. Jalur periwayatan seperti ini dikategorikan sebagai ghariib mutlaq (tunggal).

Pada edisi berikutnya akan disampaikan penjelasan dari para ulama tentang status hadis tersebut.

STATUS HADIS TENTANG KEUTAMAAN BULAN RAJAB bag (2)

STATUS HADIS TENTANG KEUTAMAAN BULAN RAJAB (2)

oleh Amin Saefullah Muchtar pada 12 Juni 2012 pukul 8:57 ·
B. Penjelasan para ulama tentang status hadis
(1) Imam Al-Baihaqi, setelah mencantumkan jalur periwayatan (sanad) beserta matan (teks hadis), beliau berkata:
تَفَرَّدَ بِهِ زِيَادٌ النُّمَيْرِيُّ وَعَنْهُ زَائِدَةُ بْنُ أَبِي الرُّقَادِ قَالَ الْبُخَارِيُّ : زَائِدَةُ بْنُ أَبِي الرُّقَادِ عَنْ زِيَادٍ النُّمَيْرِيِّ مُنْكَرُ الْحَدِيْثِ
“Ziyad An-Numairiy meriwayatkan hadis itu sendirian (tanpa diperkuat oleh rawi lainnya). Hadis itu diterima darinya oleh Zaidah bin Abu Ar-Ruqaad. Kata Imam Al-Bukhari, ‘Zaidah bin Abu Ar-Ruqaad menerima dari Ziyad An-Numairiy, dia (Zaidah) munkarul hadits’.” (Syu’aabul Iimaan, III:375)

(2) Imam An-Nawawi berkata:
وَرَوَيْنَا فِي حِلْيَةِ الأَوْلِيَاءِ بِإِسْنَادٍ فِيْهِ ضَعْفٌ
“Kami telah meriwayatkan hadis itu dalam kitab Hilyatul Awliyaa dengan sanad yang di dalamnya terdapat kedaifan.” (Al-Adzkaar:274)

(3) Imam Adz-Dzahabi, pada biografi rawi Zaidah, beliau menyebutkan hadis tersebut, dan beliau berkata, “Dia (Zaidah) dha’if.” (Mizanul I’tidaal, III:96)

(4) Ibnu Hajar Al-Asqalani, setelah mengemukakan hadis tersebut riwayat Al-Bazzaar, Ath-Thabrani, Al-Baihaqi, dan Yusuf Al-Qaadhi, beliau berkata:
زَائِدَةُ بْنُ أَبِي الرُّقَادِ رَوَى عَنْهُ جَمَاعَةٌ وَقَالَ فِيْهِ أَبُوْ حَاتِمٍ يُحَدِّثُ عَنْ زِيَادٍ النُّمَيْرِيِّ، عَنْ أَنَسٍ أَحَادِيْثَ مَرْفُوْعَةً مُنْكَرَةً فَلاَ يُدْرَى مِنْهُ أَوْ مِنْ زِيَادٍ وَلاَ أَعْلَمُ رَوَى عَنْ غَيْرِ زِيَادٍ فَكُنَّا نَعْتَبِرُ بِحَدِيْثِهِ وَقَالَ الْبُخَارِيُّ : مُنْكَرُ الْحَدِيْثِ
وَقَالَ النَّسَائِيُّ: بَعْدَ أَنْ أَخْرَجَ لَهُ حَدِيْثًا فِي السُّنَنِ: لاَ أَدْرِيْ مَنْ هُوَ وَقَالَ فِي الضُّعَفَاءِ: مُنْكَرُ الْحَدِيْثِ وَ فِي الْكُنَي: لَيْسَ بِثِقَةٍ وَقَالَ ابْنُ حِبَّانَ لاَ يُحْتَجُّ بِخَبَرِهِ
“Zaidah bin Abu Ar-Ruqaad, hadisnya telah diriwayatkan oleh sekelompok rawi. Abu Hatim berkata tentang dirinya, “Dia meriwayatkan hadis-hadis marfu yang mungkar dari Ziyad An-Numairiy, dari Anas. Maka tidak diketahui apakah hadis itu bersumber darinya (Zaidah) ataukah dari Ziyad? Dan saya tidak mengetahui dia meriwayatkan hadis itu dari rawi lain selain Ziyad. Maka kami mengi’tibar (mencari pembanding dengan rawi lain) untuk hadisnya.” Kata Imam Al-Bukhari, “Dia (Zaidah) munkarul hadits.”  An-Nasai, setelah meriwayatkan satu hadis dari Zaidah dalam kitabnya As-Sunan, ia berkata, “Saya tidak tahu siapa dia?” Namun dalam kitabnya Ad-Dhu’aafaa wal Matruukiin, dia berkata, “Dia (Zaidah) munkarul hadits.” Sementara dalam kitabnya Al-Kunaa, dia berkata, “Dia tidak tsiqah (tidak kredibel).” Ibnu Hibban berkata, “Hadisnya tidak dapat dipakai hujjah.” (Tabyiinul 'Ajab Bimaa Warada Fi Syahri Rajab: 5-6) 

(5) Kata Imam Al-Haitsami:
رَوَاهُ الْبَزَّارُ وَفِيْهِ زَائِدَةُ بْنُ أَبِي الرُّقَادِ قَالَ الْبُخَارِيُّ مُنْكَرُ الْحَدِيْثِ وَجَهَّلَهُ جَمَاعَةٌ
“Hadis itu diriwayatkan oleh Al-Bazzaar, dan pada sanadnya terdapat rawi Zaidah bin Abu Ar-Ruqaad. Kata Imam Al-Bukhari, ‘Dia (Zaidah) munkarul hadits.’ Dan sekelompok ulama menilai bahwa dia majhuul (tidak dikenal).” (Majma’uz Zawaa’id wa Manba’ul Fawaa’id, II:165)

(6) Ahmad Syakir  berkata:
إِسْنَادُهُ ضَعِيْفٌ
“Sanadnya dha’if.” (Al-Musnad, IV:100-101, komentar terhadap hadis no. 2346)

(7) Syekh Syu’aib Al-Arnauth  berkata:
إِسْنَادُهُ ضَعِيْفٌ
“Sanadnya dha’if.” (Al-Musnad, IV:180, komentar terhadap hadis no. 2346)

(8) DR. ‘Aamir Hasan Shabrii berkata:
إِسْنَادُهُ ضَعِيْفٌ
“Sanadnya dha’if.” (Zawaa’id Abdullah bin Ahmad bin Hanbal fil Musnad: 198)

Kesimpulan:
  1. Hadis tentang doa ketika memasuki bulan Rajab statusnya dha’if, karena kedha’ifan dua orang rawi: Ziyad An-Numairiy dan Zaidah bin Abu Ar-Ruqaad.
  2. Hadis tersebut tidak dapat dijadikan landasan syariat doa ketika memasuki bulan Rajab.

STATUS HADIS TENTANG KEUTAMAAN BULAN RAJAB bag 3


STATUS HADIS TENTANG KEUTAMAAN BULAN RAJAB (3-tamat)

oleh Amin Saefullah Muchtar pada 13 Juni 2012 pukul 2:31 ·
Rasulullah Saw. bersabda:
رَجَبٌ شَهْرُ اللهِ وَ شَعْبَان شَهْرِيْ وَ رَمَضَانُ شَهْر أُمَّتِيْ...وَمَا مِنْ أَحَدٍ يَصُوْمُ يَوْمَ الْخَمِيْسِ أَوَّلَ خَمِيْسٍ فِيْ رَجَبٍ ثُمَّ يُصَلِّي فِيْمَا بَيْنَ الْمَغْرِبِ وَالْعَتَمَةِ يَعْنِيْ لَيْلَةَ الْجُمْعَةِ ثِنْتَيْ عَشَرَةَ وَكْعَةً يَقْرَأُ فِيْ كُلِّ رَكْعَةٍ فَاتِحَةَ الْكِتَابِ مَرَّةً و (إِ نَّآ أَنْزَلْنَهُ فِى لَيْلَةِ الْقَدْرِ ) ثَلا َثَ مَرَّاتٍ وَ قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ اثْنَتَيْ عَشَرَةَ مَرَّةً يُفْصَلُ بَيْنَ كَلِّ رَكْعَتَيْنِ بِتَسْلِمَتَيْنِ فَإِذَا فَرَغَ مِنَ الصَّلاَةِ صَلِّ عَلَيَّ سَبْعِيْنَ مَرَّةً ثُمَّ يَقُوْلُ اللهم صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ النَّبِيْ الأمِيْ وً عًلًى آلِهِ ثُمَّ يَسْجُدُ فَيَقُوْلُ فِيْ سُجُدِهِ سُبُوْحٌ قُدُّوْسٌ رَبُّ الْمَلاَئكَةِ وَ الرُّوْحِ سَبْعِيْنَ مَرَّةً ثُمَّ يَرْفَعُ رَأْسَهُ فَيَقُوْلُ رَيِّ اغْفِرْلِيْ وارْحَمْ وَ تَجَاوَزْ عَمَّا تَعْلَمُ إِنَّكَ أَنْتَ الْعَزِيْزُ الأَعْظَمُ سَبْعِيْنَ مَرَّةً ثُمَّ يَسْجُدُ الثَّانِيَةَ فَيَقُوْلُ مِثْلَ مَا قَالَ فِيْ السَجْدَةِ الأُولَى ثُمَّ يَسْأَلُ اللهَ حَاجَتَهُ فَإِنَّهَا تُقْضَى قَالَ رَسُوْل الله : وَالَّذِيْ تَفْسِيْ بيَدِهِ مَا مِنْ عَبْدٍ وَلا َ لأ أَمَةٍ صَلَّى هَذِهِ الصَلاَةَ إِلاَّ غَفَرَ الله لَهُ جَمِيْعَ ذُنُوْبِهِ وَ إنْ كَانَ مِثْلَ زَيَدِ الْبَحْرِ وَ عَدَدَ وَرَقِ الأَشْجَارِ و شَفَعَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فِيْ سَبْعِمِائَةِ مِنْ أَهْلَ بَيْتِهِ . فَإِذَا كَانَ فِيْ أَوَّلِ لَيْلَةٍ فِيْ قَبْرِهِ جَاءَ ثَوَّابُ هَذِهِ الصَّلاَةِ فَيُجِيْبُهُ بِوَجْهٍ طَلِقٍ وَلِسَانٍ ذَلِقٍ فَيَقُوْلُ لَهُ حَبِيْبِيْ أَبْشِرْ فَقَدْ نَجَوْتَ مِنْ كُلِّ شِدَّةٍ فَيَقُوْلُ مَنْ أَنْتَ فَوَ اللهِ مَا رَأَيْتُ وَجْهًا أَحْسَنَ مِنْ وَجْهِكَ وَلاَ سَمِعْتُ كَلاَمًا أَحْلَى مِنْ كَلاَمِكَ وَلاَ شَمَمْتُ رَائِحَةُ أَطْيَبُ مِنْ رَائِحَتِكَفَيَقُوْلُ لَهُ يَا حَبِيْبِيْ أَنَا ثَوَابُ الصَلاَةِ الَّتِيْ صَلَّيْتَهَا فِيْ لَيْلَةِ كَذَا فِيْ شَهْرِ كَذَا جِئْتُ الليْلَة َ لأَ قْضِيْ حَقَّكَ وَ أُوْنِسَ وَحْدَتَكَ وَ أَرْفَعَ عَنْكَ وَحْشَتَكَ فَإِذَا نُفِخَ فِيْ الصُوْرِ أَظْلَلْتُ فِيْ عَرَصَةِ الْقِيَامَةِ عَلَى رَأْسِكَ وَ أَبْشِرْ فَلَنْ تَعْدَمَ الْخَيْرَ مِنْ مَوْلاَكَ أَبَدًا
“Rajab bulan Allah dan Sya’ban bulanku serta Ramadhan bulan umatku…(hadisnya panjang, setelah itu Nabi Saw. bersabda) Tidak ada seorang berpuasa pada hari Kamis, yaitu awal Kamis dalam bulan Rajab, kemudian shalat diantara Maghrib dan ‘Atamah (Isya) -yaitu malam Jum’at- (sebanyak) dua belas raka’at. Pada setiap raka’at membaca surat Al Fatihah sekali dan surat Al Qadr tiga kali, serta surat Al Ikhlas dua belas kali. Shalat ini dipisah-pisah setiap dua raka’at dengan salam. Jika telah selesai dari shalat tersebut, maka ia bershalawat kepadaku tujuh puluh kali, kemudian mengatakan “Allahhumma shalli ‘ala Muhammadin Nabiyil umiyi wa alihi, kemudian sujud, lalu menyatakan dalam sujudnya “Subuhun qudusun Rabbul malaikati wa ar ruh” tujuh puluh kali, lalu mengangkat kepalanya dan mengucapkan “Rabbighfirli warham wa tajaawaz amma ta’lam, inaka antal ‘Azizul a’zham” tujuh puluh kali, kemudian sujud kedua dan mengucapkan seperti ucapan pada sujud yang pertama. Lalu memohon kepada Allah hajatnya, maka hajatnya akan dikabulkan.” Rasulullah bersabda, ”Demi Dzat yang jiwaku ada di tangan-Nya, tidak ada seorang hamba laki-laki atau perempuan yang melakukan shalat ini, kecuali akan Allah ampuni seluruh dosanya, walaupun seperti buih lautan dan sejumlah daun pepohonan, serta bisa memberi syafa’at pada hari kiamat kepada tujuh ratus keluarganya. Jika berada pada malam pertama, di kuburnya akan datang pahala shalat ini. Ia menemuinya dengan wajah yang berseri dan lisan yang indah, lalu menyatakan: ‘Kekasihku, berbahagialah! Kamu telah selamat dari kesulitan besar’. Lalu (orang yang melakukan shalat ini) berkata: ‘Siapa kamu? Sungguh demi Allah aku belum pernah melihat wajah seindah wajahmu, dan tidak pernah mendengar perkataan seindah perkataanmu, serta tidak pernah mencium bau wewangian, sewangi bau wangi kamu’. Lalu ia berkata: ‘Wahai, kekasihku! Aku adalah pahala shalat yang telah kamu lakukan pada malam itu, pada bulan itu. Malam ini aku datang untuk menunaikan hakmu, menemani kesendirianmu dan menghilangkan darimu perasaan asing. Jika ditiup sangkakala, maka aku akan menaungimu di tanah lapang kiamat. Maka berbahagialah, karena kamu tidak akan kehilangan kebaikan dari maulamu (Allah) selama-lamanya.”

Hadis di atas diriwayatkan oleh Ibnul Jauzi melalui dua jalur periwayatan
Pertama: Ali bin Ubaidullah bin Az-Zaaguuniy, dari Abu Zaid Abdullah bin Abdul Malik Al-Ashfahani, dari Abul Qasim Abdurrahman bin Muhammad bin Ishaq bin Mandah.
Kedua: Muhammad bin Nashir Al-Hafizh, dari Abul Qasim Abdurrahman bin Muhammad bin Ishaq bin Mandah.
Selanjutnya, Abul Qasim bin Mandah menerima dari Abul Hushain Ali bin Abdullah bin Juhaim As-Shuufiy, dari Ali bin Muhammad bin Sa’id Al-Bishri, dari Khalaf bin Abdullah As-Shaghaniy, dari Humaid At-Thawiil, dari Anas bin Malik.
Kata Imam Ibnu Al Jauziy, “Hadits ini palsu diantasnamakan Rasulullah Saw.. Para ulama hadis menuduh bahwa hadis itu diciptakan oleh Ibnu Juhaim (Ali bin Abdullah bin Juhaim As-Shuufiy), dia seorang pemalsu hadis.” (Lihat, Al Maudhuu’at, juz 2, hlm. 124-125)

Demikian pula menurut para ulama lainnya, bahwa hadis ini palsu, di antaranya Imam Ibnu Taimiyah, Asy-Syaukani, Al-Fairuzabadi, Al-Maqdisi, Al-Iraqi dan Abu Syamah. (Lihat Majmu’ Al-Fatawa, jilid 23, hlm 133-134; Al-Bida’ Al-Hauliyah, hlm. 241)