PEMUDA PERSATUAN ISLAM HARJAMUKTI

بسم الله الر حمن الر حيم
! انا مسلم قبل كل شيئ
AHLAN WA SAHLAN, IKHWATU IMAN

SEMOGA KITA SEMUA DALAM RAHMAT DAN LINDUNGAN ALLAH AZZA WAJALLA


Kamis, 17 Januari 2013

APAKAH SETIAP ROKAAT MEMBACA TA’AWUDZ?


APAKAH SETIAP ROKAAT MEMBACA TA’AWUDZ?



Dasar diperintahkannya membaca Ta’awudz ketika mau membaca Al Qur’an baik di dalam sholat atau di luar sholat, adalah surat An Nahl :98 sebagaimana FirmanNya:
فَإِذَا قَرَأْتَ الْقُرْآَنَ فَاسْتَعِذْ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ (۹۸)
Apabila kamu akan membaca Al Quran hendaklah kamu meminta perlindungan kepada Allah dari godaan syetan yang terkutuk.  QS An Nahl :98

Lafadz Ta’awudz yang Nabi Saw contohkan:

عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ كَانَ يَقُوْلُ قَبْلَ الْقِرَاءَةِ : أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ.
Dari Nabi SAW sesungguhnya ia membaca A’udzubillahi minasy syaithanir rajim sebelum membaca (ayat).
HR Ibnu Mundzir , Nailul Author 2 : 200 No 684. Mushanaf Abdur Razaq 2:86

عَنْ أَبِى سَعِيْدٍ اَلْخُدْرِيِّ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ كَانَ إِذَا قَامَ إِلَى الصَّلاَةِ إِسْتَفْتَحَ ثُمَّ يَقُوْلُ : أَعُوْذُ بِا للهِ السَّمِيْعِ اْلعَلِيْمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ مِنْ هَمْزِهِ وَنَفْخِهِ وَنَفْثِهِ  

Dari Abi Said Al Khudri dari Nabi SAW sesungguhnya Beliau apabila berdiri sholat membaca iftitah lalu membaca (Ta’awudz) : Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui dari Syetan yang terkutuk  dari bisikannya, kesombongannya dan dari sihirnya. 
HR Ahmad, At Tirmidzi 1:276, Tuhfatul Ahwadi 2:55 No 242.

Kemudian dimanakah dan kapan Ta’awudz itu dibaca? Benarkah pada setiap Rokaat membaca Ta’awudz ?
Untuk masalah ini, perlu kita kaji dan teliti hadits-hadits dan riwayat-riwayat dari Nabi SAW .Ternyata kita dapati riwayat-riwayat yang shohih bahwa ta’awudz di dalam sholat adanya di rokaat pertama saja setelah bacaan iftitah dengan dalil-dalil sebagai berikut:

قَالَ اْلأَسْوَدُ : رَاَيْتُ عُمَرَ حِيْنَ يَفْتَتِحُ الصَّلاَةَ يَقُوْلُ : سُبْحَانَكَ اللّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ وَتَبَارَكَ اسْمُكَ وَتَعَالَى جَدُّكَ وَلاَ إِلَهَ غَيْرُكَ ثُمَّ يَتَّعَوَّذُ                   
      
Al Aswad berkata : Aku mengetahui Umar memulai sholat membaca : Maha Suci Engkau Ya Allah, dan dengan MemujiMu, Maha Berkah NamaMu, Maha Tinggi KemuliaanMu, tidak ada Tuhan selainMu, lalu Umar membaca Ta’awudz.  HR Ad-Daruquthni No 1138, Nailul Authar 2 : 200, Muslim 2:362 No 606,Abu Daud 2:428 No 659.
Kalimat ثُمَّ يَتَّعَوَّذُ (kemudian membaca Ta’awudz)menunjukkan lit-tartib (tertibnya urutan)yakni membaca Ta’awudz setelah iftitah. Bacaan iftitah Umar ini pernah dikeraskan untuk tujuan pembelajaran dan pemberitahuan akan adanya bacaan iftitah tersebut sebagai salah satu pilihan dari iftitah-iftitah yang Nabi contohkan.Kemudian lebih jelas lagi bahwa Ta’awudz itu hanya di rokaat pertama saja diterangkan dalam shohih Muslim berikut ini:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ يَقُوْلُ كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا نَهَضَ مِنَ الرَّكْعَةِ الثَّانِيَةِ إِسْتَفْتَحَ الْقِرَاءَةَ بِالْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ وَلَمْ يَسْكُتْ .                 

Dari Abu Hurairoh berkata: Rasulullah SAW apabila berdiri pada rokaat ke dua ia memulai bacaannya (langsung) dengan surat Al Hamdulillahi Robbil A’lamin, Beliau tidak diam dulu.
HR Muslim 1:268 No 148 dan 599, Syarah Shohih Muslim 5:99 No 1355, Nailul Authar 2:287 No 7656, Nashbur Royah 1:399          
Kalimat وَلَمْ يَسْكُت menunjukkan bahwa Nabi SAW,untuk memulai rokaat ke dua langsung membaca Al Fatihah tidak baca Ta’awudz.
Imam As Syaukani dalam kitabnya Nailul Authar 2:287, sesudah mencantumkan hadits Muslim tersebut, Beliau menjelaskan:

وَالْحَدِيْثُ يَدُلُّ عَلَى عَدَمِ مَشْرُوْعِيَّةِ السَّكْتَةِ قَبْلَ الْقِرَاءَةِ فِى الرَّكْعَةِ الثَّانِيَةِ وَكَذَالِكَ عَدَمُ مَشْرُوْعِيَّةِ التَّعَوُّذِ فِيْهَا وَحُكْمُ مَابَعْدَهَا مِنَ الرَّكَعَاتِ حُكْمُهَا.
Hadits tersebut menunjukkan tidak disyariatkannya saktah (diam dulu) sebelum membaca (Al Fatihah) di rokaat ke dua,demikian juga tidak di syariatkan ta’awudz padanya, dan ketetapan aturan rokaat-rokaat sesudah rokaat ke dua sama dengan rokaat yang ke dua (tidak membaca Ta’awudz).  Nailul Authar 2:287
                                                                                                                                     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kami hanya menjawab KOMENTAR yang menuju PERBAIKAN