PEMUDA PERSATUAN ISLAM HARJAMUKTI

بسم الله الر حمن الر حيم
! انا مسلم قبل كل شيئ
AHLAN WA SAHLAN, IKHWATU IMAN

SEMOGA KITA SEMUA DALAM RAHMAT DAN LINDUNGAN ALLAH AZZA WAJALLA


Sabtu, 18 Mei 2013

SHOLAT SUNAH SETELAH IJAB QABUL (PERNIKAHAN)



SHOLAT SUNAH SETELAH IJAB QABUL (PERNIKAHAN)

Tanya : Assalamu’alaikum, punten (maaf).. mau Tanya, karena di situs Ustadz belum ada masalah shalat sunnat setelah terjadi akad nikah (ijab qabul) yang dilaksanakan secara berjamaah dengan istri. Apakah hal tersebut ada keterangan yang shahih? Mang Udin

Jawab : Wa’alaikumussalam … saya belum mendapatkan keterangan bahwa setelah pernikahan (ijab qabul) ada anjuran shalat berjamaah sepasang pengantin. Hanya ada keterangan bahwa jika nanti istrimu menghampirimu (sebagaian ulama mengatakan bahwa hal ini bertalian dengan sunnah dimalam pertama), supaya suami itu mengajaknya shalat kepada istrinya dua rakaat. Hal ini berdasarkan keterangan:

حدثنا عبد الله بن إدريس عن داود عن أبى نضرة عن أبي سعيد مولى أبي أسيد : تزوجت وأنا مملوك فدعوت نفرا من أصحاب النبي صلى الله عليه وسلم ابن مسعود وأبو ذر وحذيفة يعلمونني ، فقال : إذا دخل عليك أهلك فصل ركعتين ثم سل الله من خير ما دخل عليك ، ثم تعوذ به من شره ، ثم شأن وشأن أهلك.
Telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Idris, dari Daud, dari Abi Nadhrah, dari Abi Sa’id (maula Abi Usaid) pernah menceritakan tentang pernikahannya dengan seorang wanita, yang pada saat nikahnya Abu Said adalah seorang budak (hamba sahaya). Di antara mereka yang menyaksikan pernikahannya adalah dari para sahabat Nabi saw, Ibnu Mas’ud, Abu Dzar, dan Hudzifah ra.  mereka mengajariku dan berkata : “Jika istrimu menghampirimu, maka shalatlah dua rakaat. Kemudian mintalah kepada Allah kebaikan apa yang datang kepadamu, dan mintalah perlindungan kepada Allah dari kejelakannya. Kemudian terserah kepadamu dan istrimu.”
(HR. Ibnu Abi Syaibah,  Al-Mushannaf 7:118 no. 29733). Albani mengatakan bahwa hadits tersebut adalah shahih.

حدثنا أبو معاوية عن الاعمش عن شقيق قال : جاء رجل إلى عبد الله يقال له أبو جرير فقال : إني تزوجت جارية شابة وإني أخاف أن تفركني قال فقال عبد الله : إن الالف من الله والفرك من الشيطان ، يريد أن يكره إليكم ما أحل الله لكن فإذا أتتك فمرها أن تصلي وراءك ركعتين.
Telah menceritakan kepada kami Abu Mu’awiyah, dari Al A’masy, dari Syaqiq, ia berkata : telah datang seseorang kepada Abdullah, ia mengatakan kepadanya; Abu Jarir berkata: sesungguhnya aku menikahi seorang budak perawan, sesungguhnya aku takut ia akan membenciku. Lalu Abdullah berkata sesungguhnya rasa cinta datang dari Allah dan kebencian datang dari syaithon yang ingin menjadikan kebencian kepada kalian terhadap apa-apa yang dihalalkan Allah. Maka jika istrimu mendatangimu maka perintahkanlah sholat dua roka’at di belakangmu.
(HR. Ibnu Abi Syaibah,  Al-Mushannaf 3:402)
Allohu A’lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kami hanya menjawab KOMENTAR yang menuju PERBAIKAN