PEMUDA PERSATUAN ISLAM HARJAMUKTI

بسم الله الر حمن الر حيم
! انا مسلم قبل كل شيئ
AHLAN WA SAHLAN, IKHWATU IMAN

SEMOGA KITA SEMUA DALAM RAHMAT DAN LINDUNGAN ALLAH AZZA WAJALLA


Kamis, 11 Desember 2014

Bidadari Wanita Dunia dan Huurin ‘in



Bidadari Wanita Dunia dan Huurin ‘in

إِنَّا أَنْشَأْنَاهُنَّ إِنْشَاءً (۳٥) فَجَعَلْنَاهُنَّ أَبْكَارًا (۳٦) عُرُبًا أَتْرَابًا (۳۷) لِأَصْحَابِ الْيَمِينِ (۳۸) ثُلَّةٌ مِنَ الْأَوَّلِينَ (۳۹) وَثُلَّةٌ مِنَ الْآَخِرِينَ (٤۰)
Sesungguhnya Kami menciptakan mereka (Bidadari-bidadari) dengan langsung[1451] dan Kami jadikan mereka gadis-gadis perawan.Penuh cinta lagi sebaya umurnya. (Kami ciptakan mereka) untuk golongan kanan, (yaitu) segolongan besar dari orang-orang yang terdahulu. dan segolongan besar pula dari orang-orang yang kemudian.
QS Al Waqi’ah : 35-40
[1451] Maksudnya: tanpa melalui kelahiran dan langsung menjadi gadis.

مُتَّكِئِينَ عَلَى سُرُرٍ مَصْفُوفَةٍ وَزَوَّجْنَاهُمْ بِحُورٍ عِينٍ (۲۰)
Mereka bertelekan di atas dipan-dipan berderetan dan Kami kawinkan mereka dengan bidadari-bidadari yang cantik bermata jeli.  QS Ath Thur : 20

قلت: يا رسول الله، أخبرني عن قوله: { عُرُبًا أَتْرَابًا } . قال: "هن اللواتي قبضن في دار الدنيا عجائز رُمْصًا شُمطًا، خلقهن الله بعد الكبر، فجعلهن عذارى عُرُبًا متعشقات محببات، أترابًا على ميلاد واحد". قلت: يا رسول الله، نساء الدنيا أفضل أم الحور العين؟ قال: "بل نساء الدنيا أفضل من الحور العين، كفضل الظّهارة على البطانة". قلت: يا رسول الله، وبم ذاك؟ قال: "بصلاتهن وصيامهن وعبادتهن الله، عز وجل، ألبس الله وجوههن النور، وأجسادهن الحرير، بيض الألوان، خضر الثياب، صفر الحلي، مَجَامِرُهُنَّ الدُّرّ، وأمشاطهن الذهب، يقلن: نحن الخالدات فلا نموت أبدًا، ونحن الناعمات فلا نبأس أبدًا، ونحن المقيمات فلا نظعن أبدًا، ألا ونحن الراضيات فلا نسخط أبدًا، طوبى لمن كُنَّا له وكان لنا". قلت: يا رسول الله، المرأة منا تتزوج زوجين والثلاثة والأربعة، ثم تموت فتدخل الجنة ويدخلون معها، من يكون زوجها؟ قال: "يا أم سلمة، إنها تُخَيَّر فتختار أحسنهم خلقًا، فتقول: يا رب، إن هذا كان أحسن خلقًا معي فزوجنيه، يا أم سلمة ذهب حسن الخلق بخير الدنيا والآخرة".
Aku (umu Salamah) bertanya; Ya Rasulallah! Terangkanlah kepadaku tentang firman Allah “’Uruban Atrooba”! Nabi saw menjawab ; mereka bidadari wanita dunia yang mati di dunia dalam keadaan sudah tua, matanya belekan, rambutnya putih semua dan kusut, Allah jadikan mereka sesudah tua menjadi gadis yang penuh rasa cinta, sangat merindukan, mengasihi suaminya, umurnya sebaya. Aku bertanya ; Ya Rasulallah saw! Apakah bidadari  wanita dunia yang lebih istimewa atau huurin in? Nabi saw menjawab : sebenarnya bidadari dari wanita dunia lebih istimewa dari huurin in, seperti perbedaan bagian luar dan bagian dalam. Aku bertanya ; Ya Rasulallah saw ! kenapa begitu? Nabi saw menjawab ; karena sholat, shaum dan ibadah-ibadah mereka kepada Allah, Allah memberikan cahaya kepada wajah-wajah mereka dan memakaikan pakaian sutra, mereka putih kulitnya, hijau pakaiannya, kuning perhiasannya, sisir mereka terbuat dari emas, mereka melantunkan nyanyian : kami kekal, tidak akan mati untuk selamanya, kami memberikan kenikmatan, tidak akan membosankan untuk selamanya, kami tetap di surga dan tidak akan pindah untuk selamanya, kami ridho tidak akan marah selamanya, beruntunglah bagi orang yang kami menjadi miliknya dan dia menjadi milik kami. Aku bertanya : ya Rasulallah ! wanita diantara kami, ada yang suaminya dua, tiga atau empat, kemudian wanita itu meninggal lalu ia masuk surga dan mereka para suami masuk surga pula bersamanya, siapakah yang akan menjadi suaminya di surga? Nabi saw menjawab: wahai Umu Salamah, sesungguhnya istri itu disuruh milih, lalu ia memilih yang paling baik akhlaknya di antara mereka. Lalu Umu Salamah berkata ; ya Rabb, sesungguhnya orang ini yang paling baik akhlaknya bersamaku, maka jodohkanlah aku dengannya, Nabi saw berkata; wahai Umu Salamah, kebaikan akhlak mengalahkan kebaikan dunia dan akhirat.
Tafsir Ibnu Katsir 7:532, Thobroni 7:234 No 3264, Ibnu Mundzir, At Targhib wat Tarhib 4:299-300.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kami hanya menjawab KOMENTAR yang menuju PERBAIKAN